Cara Memindahkan Aplikasi Android ke hp Lain

Bagaimana cara memindahkan game Android ke handphone lain? Bila Anda berencana mengganti ponsel Android Anda, satu yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana agar di handphone baru tersebut, aplikasinya sama persis seperti di handphone lama. Nah, tips berikut ini adalah acara backup dan memindahkan aplikasi dari satu handphone ke handphone lain dengan mudah.

Keuntungan menggunakan teknik ini adalah Anda tidak harus menginstall aplikasi atau game dari Google Play Store, sehingga bisa menghemat kuota internet Anda. Juga dengan cara ini, proses instalasi lebih cepat dibandingkan harus download dari Google Play Store. 

Secara garis besar langkah backup ini adalah merubah aplikasi atau game yang sudah terinstall menjadi file mental (installer berbentuk apk) setelah terbentuk file apk, Anda bisa menginstall File APK tersebut di handphone lain menggunakan File Manager (pengelola berkas) seperti ES File Explorer. Inilah tips memindahkan aplikasi dan game Android.

Langkah pertama download aplikasi file manager ES File Explorer dari Google Play Store.


Setelah ES File Explorer terinstall, kemudian jalankan aplikasi ini, selanjutnya pilih menu Fast Access di pojok kiri atas.


Pilih menu Tool – App Manager


Akan muncul daftar aplikasi yang sudah terinstall di ponsel Android Anda, selanjutnya pilih aplikasi atau game yang akan di Install, dalam contoh penulis memilih aplikasi AutoTex Keren for Android dan Aplikasi BBMFriend. Setelah menceklis aplikasi, selanjutnya pilih menu Backup.


Tunggu beberapa saat, sampai proses Backup selesai. Hasil backup akan disimpan di SD Card (kartu memori) di folder Backups.

Setelah semua aplikasi dan game yang Anda inginkan berhasil di backup, selanjutnya cabut memori Card (kartu memori) dari handphone lama, kemudian pasangkan SD card tersebut ke handphone baru. Di Handphone baru, dengan menggunakan File Manager seperti Es File Manager, Anda browse/ buka folder Backups. Di dalam folder akan ada file berbentuk APK dari aplikasi yang sudah di backup sebelumnya.


Pilih salah satu file, kemudian Anda tinggal install aplikasi tersebut di handphone baru dengan memilih Package Installer.


Tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut terinstall di handphone baru. Mudah bukan?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
24 Mei 2014 00.30 delete

gan,,kenapa ya tiap ane instal cwm recovery selalu ada tulisan e:signature verification failed?ane pakai galaxy s3.mohon bantuanya gan

Reply
avatar
19 Desember 2014 18.26 delete

Ok, berhasil gan, itu data game nya udah di pindah kan, apa cuma aplikasi apk ny aja ?

Reply
avatar
19 Desember 2014 20.52 delete

@Sani :: Yups cuma APK-nya saja, tidak termasuk game datanya.

Reply
avatar