Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Bagaimana cara mengetahui iPhone Asli atau Tiruan? Saat akan membeli sebuah iPhone misal iPhone 5S tentu saja kita harus selalu hati-hati. Karena apa? Tentu karena kini banyak beredar iPhone palsu, alias iPhone replika atau iPhone tiruan. Bentuk sama persis seperti iPhone, tampilan menu sama persis, sampai dus (box) dan kelengkapan lain seperti charger sama seperti yang dimiliki oleh iPhone original atau asli. Lalu bagaimana agar kita tidak tertipu oleh iPhone palsu atau replika? Berikut adalah tips sederhana dan singkat cara cepat membedakan antara iPhone asli atau palsu. 

iPhone resmi tentu saja terdaftar di website Apple. So cara tercepat adalah dengan mengecek serial number dari iPhone yang akan kita beli di website Apple. Masuk ke halaman  http://goo.gl/BC51KR  lalu masukan serial number dari iPhone tersebut ke kolom yang tersedia, seperti di bawah ini:


Setelah Anda memasukan serial number dengan benar, maka akan muncul layar yang menjelaskan tentang iPhone Anda.


Terlihat diatas bahwa iPhone 4S memang resmi dan terdaftar di database Apple. Karena iPhone 4S tersebut telah lama dibeli, jadi garansi kerusakan dari Apple memang sudah expired atau berakhir. Pertanyaan sekarang, bagaimana cara mengetahui Serial Number dari iPhone? Caranya bisa langsung di lihat di Box/ Dus iPhone, disana akan tertera Serial Number iPhone.

Tapi masalahnya, serial number di dus iPhone, bisa juga dipalsukan. Jangan khawatir, Anda bisa mengecek Serial Number lewat menu Setting – General – About. Disana akan tertera serial number dari iPhone yang kita miliki.


Pastikan serial number yang tertera di menu About ini SAMA dengan serial Number yang tertera di Box/Dus iPhone. 

Cara lain membedakan iPhone tersebut adalah Asli atau replika adalah dengan cara melakukan sinkronisasi antara iPhone dengan iTunes di laptop. Bila iPhone Anda terdetek oleh iTunes dan Anda bisa Login ke Apple App Store menggunakan Apple ID, maka sudah bisa dipastikan iPhone tersebut original alias Asli. Tapi bila sebaliknya, iPhone tidak terdetect oleh iTunes dan Anda juga tidak bisa login ke App Store, 100% iPhone Anda adalah Palsu atau Replika.

iPhone asli menggunakan sistem operasi Apple iOS, nah iPhone replika kebanyakan yang beredar menggunakan sistem operasi Android atau OS lain. Makanya, jika Anda memiliki iPhone, tetapi pas mau download aplikasi harus dari Google Play Store, maka iPhone Anda pasti palsu atau replika. Soalnya, untuk download aplikasi/ game di iPhone original hanya bisa lewat Apple App Store.

Dari sisi kinerja atau performace, iPhone asli memiliki kinerja yang cepat, nyaman, layar sangat responsif dan tentunya jarang sekali mengalami lag atau bahkan ngehang! Berbeda dengan iPhone palsu, akses dari menu ke menu terkadang sangat lambat, layar tidak responsif dan ketika bermain game dan menjalankan aplikasi, tiba-tiba iPhone palsunya menjadi lemot dan bahkan ngehang.

Kini, Andapun bisa mengenal dan mengecek lebih jauh tentang iPhone asli atau replikai (palsu), lalu bagaimana cara aman membeli sebuah iPhone? Anda bisa baca artikel dari belladyna berikut ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

28 comments

Write comments
21 Februari 2014 05.44 delete

We're sorry, but this is a serial number for a product that has been replaced. Please check your information and re-enter your serial number. If your information is correct, you may need to contact us.

kalo yg muncul kalimat seperti di atas artinya apa dong??

Reply
avatar
21 Februari 2014 18.15 delete

@Kevin :: Jika ada membeli iPhone second atau membeli versi BM, ada kemungkinan, iPhone yang Anda miliki telah dilaporkan hilang kepada Apple oleh pemiliknya.

Reply
avatar
27 Februari 2014 23.35 delete

miss, ada beberapa pertanyaan nih :
1. app / tweak yg lockscreennya bisa seperti android apa?
2. download app yang berbayar di cydia gmna?
3. kirim file via bluetooth ke smartphone lain untuk ios 7 bagaimana?
4. iphone 5s bisa ga downgrade ke ios 6

Reply
avatar
28 Februari 2014 00.31 delete

@Rahayu ::
1. Banyak di search aja di Cydia "Android Lockscreen"
2. Coba masukan Repo hackyouriphone atau repo biteyouriphone pada bagian source
3. Bisa menggunakan aplikasi AirBlue Sharing yang bisa di download dari Cydia atau gunakan fitur AirDrop bawaan iOS7
4. Kalau sudah iOS7 tidak akan bisa downgrade ke iOS6

Reply
avatar
28 Februari 2014 21.08 delete

1. vshare : miss kenapa ya setelah ane berhasil download 5 app berbayar, trs ane coba lagi hanya tersimpan di sudah diunduh tapi tidak bisa di install ?
2. skyfire nya ga berfungsi ga bisa main game di fb, waktu mo main ta' ubah ke versi desktop disuruh install flash 11 di ubah ke versi iphone apalagi juga tidak fungsi, bgmna solusinya?
3. tweak yg bisa donlod file mpe 500 mb apa?
4. tweak yg bisa donlod langsung dari safari bgmna?
5. ane pake repo insanelyi buat install airblue sharing, tpi wkt mo install mlh continue queuing? ane banyak nambahin repo biar dpt cracknya airblue sharing tapi koq keterangannya sama ga bisa di install smua (continue queuing), mohon solusi
6. ane berhasil donlod tweak ibluetooth dari repo HYI tapi koq wkt di launch tekeluar sendiri, apa belum support di ios 7, kenapa ya miss?
7. dreamboard belum mendukung untuk ios 7 ya sis? pantesan ane kmrn ta' coba ga bisa appnya tekeluar sendiri
8. appcake, vshare, appvv dan pp25 perbedaannya apa miss dan yg mana yg lebih lengkap?

Reply
avatar
28 Februari 2014 21.48 delete

@Rahayu::
1. Pastikan sudah install App Sync terlebih dahulu di iPhone
2. Flash tidak akan bisa berjalan di iPhone, jadi game fb yang menggunakan flash tidak akan bisa dimainkan lewat iPhone.
3. Download pakai browser Dolphin
4. Pakai tweak Safari Downloader+
5. jangan terlalu banyak repo, hapus repo yang tidak digunakan.AirBlue sharing sebaiknya pakai yang versi original (meski harus bayar) biar lancar.
6. Kayaknya belum
7. Yups
8. Pakai App Addict. Sama-sama lengkap.

Reply
avatar
6 Maret 2014 02.59 delete

Sis, gmna crax mengganti akun icloud pd iphone yg sama? Apakah plh hapus akun? Kalo ane plh itu daftar phonebook ane apa kehapus jga?

Reply
avatar
6 Maret 2014 05.41 delete

@Rahayu :: Yups, pilih hapus akun. Phonebook yang ada di iPhone biasanya tidak terhapus, tapi untuk jaga-jaga sebaiknya backup saja dulu phonebook via iTunes di Laptop.

Reply
avatar
8 Maret 2014 02.59 delete

sis, kalo uda jailbreak gimana cara memindahkan lagu2 yang dah didownload ke music library langsung dari iphonenya, bukan via ifunbox lho?? apakah bisa pake ifiles?

Reply
avatar
8 Maret 2014 08.49 delete

@Rahayu :: Tidak bisa pakai iFile. Harus menggunakan iTunes atau program seperti CopyTrans Manager di Laptop.

Reply
avatar
16 Maret 2014 12.50 delete

Klo w mau bli barang BM . Persentase barang itu replika brapa persen. Dan klo w masukin serial numbernya di apple . Terdeteksi juga gax . ?? Gmana enaknya bli barang bm. Untung gax siih

Reply
avatar
16 Maret 2014 15.23 delete

@Jody :: Kalau beli barang BM, kualitasnya tidak terjamin. Dan kebanyakan barang BM yang berharga murah adalah replika iPhone, alias bukan benar-benar iPhone tapi cuma sekedar tiruan saja. jadi sebaiknya hindari membeli barang BM.

Reply
avatar
16 Maret 2014 19.41 delete

iphone BM yang beneran ori itu biasa dijual brapaan sih?
soalnya takutnya aku beli yang replika nih :(

Reply
avatar
16 Maret 2014 20.18 delete

@Sry :: Kalau beli online dari penjual perorangan / bukan dari toko online besar keaslian iPhonenya memang sangat diragukan. Solusi kalau beli online coba beli dari toko online besar seperti Bhinneka.Com, Lazada.Co.Id atau belilah iPhone yang di bundling oleh operator semisal telkomsel, XL ataupun Indosat. iPhone ori harganya akan stabil, semisal iPhone terbaru yakni iPhone 5S 16GB Gold edition harganya sekitar 8,5 Jutaan bisa dilihat di : http://goo.gl/pdWp7j

Kalau iPhone BM, iPhone Replika biasanya harganya jauh lebih murah, harganya yang seharusnya 8,5 jutaan, terkadang bisa menjadi 4 jutaan kurang.

So, belilah iPhone secara online dari toko besar yang reputasinya sudah terpercaya, jangan beli dari perorangan dengan berbagai iming-iming dan harga murah.

Reply
avatar
16 Maret 2014 20.39 delete

tapi emang bisa ada yah yg ori harganya 2,7jt? yang benar2 ori gitu
bisa jadi ga'?

Reply
avatar
16 Maret 2014 20.55 delete

@Sry :: iPhone ori & baru tidak mungkin harganya 2,7 juta, harga segitu bisa dipastikan iPhone replika. Harga termurah iPhone baru original saat ini yang beredar di Indonesia adalah 4 Juta-an untuk iPhone 4 (boleh dibilang iPhone jadul, hehehe) bisa di cek di http://goo.gl/iUIUhG

Untuk iPhone seri terbaru semisal iPhone 5S termurah menyentuh harga 8,5 jutaan lebih.

Reply
avatar
16 Maret 2014 21.06 delete

sekalipun itu BM yah? saya beli nya sama teman yang kerja di bea cukai gan
apa itu masih palsu jg yah barangx? aduuhhhh

Reply
avatar
16 Maret 2014 22.15 delete

@Sry :: Kalau dari bea cukai, biasanya merupakan barang hasil sitaan. Sebaiknya hindari aja membeli iPhone yang tidak resmi, demi kenyamanan di masa yang akan datang.

Reply
avatar
18 Maret 2014 07.57 delete

miss drive , saya beli iphone 4 bekas dengan ios 7.0.4, lalu saya downgrade ke ios 5.1.1, sekarang mau di upgrade ke ios 7.1, apa iphonenya akan terkunci?

Reply
avatar
18 Maret 2014 15.18 delete

@Novita :: Selama iCloud tidak aktif, tidak akan terkunci.

Reply
avatar
18 Maret 2014 17.00 delete

jadi harus nonaktifkan icloud dulu sebelum upgrade. lalu bagaimana jika find my phone pernah di aktifkan waktu di ios 7.0.4 oleh pemilik pertama?

Reply
avatar
21 Oktober 2014 10.21 delete

miss drive .. saya rencananya mau beli iphone 6 16gb BM .di seller shop online harganya 8juta.. tapi saya kurang yakin apakah itu ori atau replika supercopy .. dia bilang barangnya ori lengkap full set bni,garansi ses 1 tahun,made in usa,and factory unlock.. nah itu dia saya bingung apakah terjamin keasliannya.. kalo kita beli .. kita transfer 50% dp sudah itu barang diantarkan ke lokasi tersebut.. jadi saya masih was-was dan perlu teliti ?

Reply
avatar
21 Oktober 2014 19.19 delete

@Syahru :: Untuk membeli sebuah iPhone 6 second sebaiknya lakukan secara COD / ketemuan langsung dengan pembeli, proses pembayarannya dilakukan setelah barang di cek dan diterima dengan baik. Kalau beli online, apalagi dari perorangan dikhawatirkan memang barang tersebut merupakan supercopy atau replika.

Reply
avatar
28 Oktober 2014 21.44 delete

Haii,,mau tanya saya tengok harga ipad mini wifi only di lazada.co.id harganya ada yang menyentuh 2,9 juta,,apakah direkomendasikan untuk dibeli?thanks.

Reply
avatar
29 Oktober 2014 17.56 delete

@Deeyah :: iPad Mini 1 Wifi 16GB, bisa saja mencapai harga segitu soalnya iPad Mini 1 Wifi 16GB merupaka produk lama.

Reply
avatar
21 November 2014 12.27 delete

Halo, mau nanya nih.. ane baru beli iphone 4s 32g seharga 3.950.000 garansi berrindo 1th. setelah saya cek imei, imei terdaftar, namun pas saya cek serial numbernya, berbeda sama di dus, dan di cek di web jg tidak terdaftar. apa bisa dibilang replika/refurbish? secara keseluruhan cuma itu yg buat saya ragu, mohon penjelasan nya? Tnx

Reply
avatar
6 Agustus 2015 20.31 delete

Miss Drive
Saya mau tanya.
Dulu saya beli IPAD 4 tahun pembelian 2012 dengan harga 7 jt.
Kardus masih segelan rapi dan tidah boleh dibuka kecuali kalo mau beli.
Saya belinya langsung ditoko besar.
Apakah IPAD 4 saya asli? Soalnya saya cocokkan no IMEI, no Model dan no Produk yang tertera dibelakang kardus sama dengan yang dicasing belakang IPAD 4 saya.
Mohon penjelasannya.
Terimakasih

Reply
avatar
7 Agustus 2015 06.09 delete

@Blogspot :: coba cek di https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do untuk cek iPhone asli atau replika/supercopy

Reply
avatar