Jumat, 01 Juni 2012

Tidak Bisa Connect ke Internet di Android?

Koneksi Internet Error di Android merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh pengguna ponsel Android, entah itu pengguna Samsung Galaxy Young, Galaxy Pocket ataupun HTC One X, alhasil kita pun tidak bisa internetan, facebookan, twitteran ataupun sekedar browsing dan download video youtube di Android.

Bagaimana Solusi Tidak bisa konek ke internet di Android? berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah internet error di Android.

Pertama, pastikan setting APN di Android sudah benar dan sudah sesuai dengan operator yang Anda pakai. Masuk ke menu Setting – Wireless and Network – Mobile Network – Access Point Name dan pastikan Anda memilih APN yang sesuai dengan operator yang Anda. Semisal dalam contoh penulis menggunakan operator Tri, maka APN yang dipilihpun adalah 3data. Bila ternyata APN dari operator yang Anda tidak ada atau tidak tersedia, Anda bisa membuat APN baru, caranya klik tombol menu dan pilih New APN.


Kedua, untuk mengatasi koneksi internet error di Android, coba Offline kan dulu ponsel Android Anda, kemudian Online lagi. Ceklis pada AirPlane Mode, tunggu beberapa setelah itu hilangkan kembali ceklis tersebut.


Ketiga, pastikan koneksi data di ponsel Android Anda sudah di enable atau difungsikan dengan benar. Masuk ke Setting – Wireless and Network – Mobile Network pastikan Anda sudah memberikan tanda ceklis pada Data Enabled seperti gambar dibawah ini.


Bila ternyata Anda masih juga mengalami koneksi internet di Android, sebaiknya coba dulu Anda menggunakan kartu lain di ponsel Android milik, dan cek apakah dengan menggunakan kartu simcard baru, koneksi internet tetap error atau tidak. Selain itu bisa juga Anda menghubungi call center atau cs dari operator yang Anda pakai, agar dibantu untuk bisa mengatasi masalah koneksi internet Error di Android.

80 komentar:

  1. tima ksh bos ats infonyaaa..............

    BalasHapus
  2. Wah masih tetp saja gan, gak konek juga nih..

    BalasHapus
  3. @Yayan1 :: Tidak bisa gimana? coba lakukan langkah diatas satu per satu. Selain itu penting diperhatikan, pastikan sinyal di ponsel Android Anda stabil, kalau bisa berlangganan dulu paket internet dari operator yang Anda pakai, juga pastikan pengaturan APN-nya sudah benar dari Username, Password sesuai dengan yang diberikan oleh operator yang Anda pakai :D

    BalasHapus
  4. klo pke wifi tp tidak bisa browsing ..gmn gan??

    BalasHapus
  5. @Oen Heart :: Coba Setingan koneksi Wifi-nya diisi secara manual, jangan automatic.

    BalasHapus
  6. thank you miss, ternyata sesudah flight mode nya di on of kan, simbol nya muncul , dan bsa d pake pasti nya :D

    BalasHapus
  7. Keseringan ceklis and unceklis AirPlane Mode my Pocket jadi hang mbak... Terpaksa deh harus di restart dulu ne pocket biar kembali normal lagi...hehehe

    BalasHapus
  8. gak bisa nih TT_TT,
    sebelumnya padahal bisa, saya sering enable disable data traffic nya,,
    jadinya waktu mau nyalain lagi,internetnya malah gak bisa !!!!TTT_TTT
    gimanaaaa????

    BalasHapus
  9. @Yukito :: Coba rubah APN-nya, pastikan pada Network Preference dipilih GSM/WCDMA (Auto Mode) sehingga ponsel Android Anda akan mencari sinyal secara otomatis.

    BalasHapus
  10. Hadeehh, sama, android ICS ku juga mslah ama networknya, enak" whatsapp-an, tiba" tulisan hsdpa ilang, edge pun tidak muncul, ªkυ͡ setting sana sini tetep Ъќ muncul. Bikin emosii jiwa. Di serach manual kluar **nama operator** 2G dan 3G, diselect, registrasi berhasil, tp tetep aja ikon koneksi internet tidak mncul. Koneksi Data udah enable. Yahhh,,, bakal masuk rumah skt nih keliatannya ni ICS. Pdhal 2 jm sblumnya masih oke" aja menikmati speed wush. Tiba" Ъќ bisa dipake... Aaarrgggcchhh

    BalasHapus
  11. masa galaxy gue cuma bisa internetanya klo make gsm only doang. klo make yang gsm/wcdma atau wcdma only engga bisa konek. kenapa ya? solusinya dong. thanks

    BalasHapus
  12. punya gue udh kyak gitu tapi tetep aja error

    BalasHapus
  13. sama nih, galxy ku juga sulit buat internetan. aku pake paket xl 10 mb, bru dpke bentar dah abis pketnya. pdhl buka browsing aja blm, cm loading mulu,

    BalasHapus
  14. Wkwkwkkw payah payah payah ..... sama punya adek q juga awalnya bisa stelah itu g bisa ...... padahal baru neh ...... tp q pake yg galaxy w aman2 saja ..... tapi emosi pas ngadepin si galaxy y........

    BalasHapus
  15. Twitter for android. Tweetcaster error mulu. Gabisa login. Gmana gan

    BalasHapus
  16. @Ahmad :: Silahkan restart dulu ponselnya.

    BalasHapus
  17. Hadeehh, sama, android ICS ku juga mslah ama networknya, enak" whatsapp-an, tiba" tulisan hsdpa ilang, edge pun tidak muncul, ªkυ͡ setting sana sini tetep Ъќ muncul. Bikin emosii jiwa. Di serach manual kluar **nama operator** 2G dan 3G, diselect, registrasi berhasil, tp tetep aja ikon koneksi internet tidak mncul. Koneksi Data udah enable. Yahhh,,, bakal masuk rumah skt nih keliatannya ni ICS. Pdhal 2 jm sblumnya masih oke" aja menikmati speed wush. Tiba" Ъќ bisa dipake... Aaarrgggcchhh

    sama punyaku juga HTC one V pakai ICS

    BalasHapus
  18. tweetcaster sering ga bisa konek bahkan sign in aja ga bisa,,,heelpp...

    BalasHapus
  19. sip banget tipsnya... jdi bisa browsing lg nih... makasih ya.....
    smoga dgn postingan ini admin jdi banyak pahalanya... cz udah bantu yg kesusahan hehe

    BalasHapus
  20. Sy jg udh ganti ROM langsung ada bacaan jaringan 00000 jaringan Gprs nya terputus sama gak bia cek pulsa. Udh ganti no ttp aja ga bisa. Gmna tuh?

    BalasHapus
  21. Mohon bantuannya dong... SGS2 ane ga bisa browsing knp yah..pd hal ga ada settingan yg ane ganggu..anehnya kalo di pakai buat modem trus browsing dr PC bisa,trus buat hotspot jg bisa.APN udh di buat manual,restart hp jd udh ga kehitung,coba ganti sim card jg tetep aja ga bisa...mohon infonya doooooong...???

    BalasHapus
  22. setiap saya buka internet pasti muncul "tidak ada koneksi koneksi nternet,silahkan atur sambungan jaringan dll" sudah saya otak-atik dan ganti kartu tetap saja tidak bisa . mohon bantuannya saya menggunakan samsung galaxy y.. :( :( :(

    BalasHapus
  23. Nouvalia Febriany nasib kita smaa
    hehehehehe

    BalasHapus
  24. Terima kasih infonya.
    Langsung Bisa Internetan Samsung Wonder saya.

    BalasHapus
  25. sinyal ada tpi gk connek gmna nih gan?

    BalasHapus
  26. gan masa pas lagi mau internetan ada sinyal
    setengah jam kemudian ikon koneksi nya gk ada

    BalasHapus
  27. Coba di bagian "Access Point Name" ...
    Kemarin ud aq cb semua step diatas n ternyata di Access point name ...saia otak atik alias ubah contengan...klo xl tar ad 2 opsi...xl gprs dan xlunlimited... saia ubah ke xlgprs lsg muncul H+ nya...

    BalasHapus
  28. kalo saya ada ikon akses datanya tapi cuma panah hijau ngadep ke atas doang yang nyala, yang oren engga. terus ga bisa internetan. itu gimana caranya?

    BalasHapus
  29. Kak ,, tolong aku dong hape samsung galaxy young aku ko gga bisa pake kartu axis yyaa?? tolong dong kak :( bales yya ....

    BalasHapus
  30. gampang matikan lalu hidupkan lagi. jika belum muncul matikan lalu hidupkan lagi. lakukan seterusnya entar muncul sendiri logo hsdpanya

    BalasHapus
  31. maaf gan,, g'young saya pas pke' xl bisa buat i-net trus saya pake' im3 ko' gk bsa konek buat i-net ya,,, gmana ini gan,,,?

    BalasHapus
  32. ini kok andro ane udah konek ke wifi tapi nggak bisa ngakses ya ? bisa bantu :3

    BalasHapus
  33. android bisa konek wifi,, tapi buat akses internet g bisa,.... knpa ya??

    BalasHapus
  34. sama galaxi tab q uga gk waras ... setelh airplane d centang n d uncentang muncul tp cuma beberpa detik trs ilang agi...huh..tolong dong gmn carany bisa normal agi...:(

    BalasHapus
  35. @Nanin :: Pastikan koneksi Wifi-nya lancar, lalu coba pakai browser lain seperti Dolphin atau Chrome for Android.

    @Gisyania :: Kemungkinan ada masalah di file systemnya, sebaiknya lakukan saja dulu factory default (Kembali ke setelan pabrik)

    BalasHapus
  36. adroid saya bs connect ke wifi...tp tdk bs buat browsing...kalo pake mobile data bs browsing secara normal...padahal saya sudah pakai wifi di rumah lama dan selama ini tidak ada masalah...saya sudah cari solusi kemana2 tp blom keetemu...rata2 masalah ini ada bulan juli...apa saya harus rubah setting pd rooternya?? dan gmn caranya?? saya pakai tp link di rumah...

    BalasHapus
  37. @Omen :: Yups, bisa dicoba rubah dulu settingan pada routernya. Selain itu coba di hapus dulu profile Wifi yang sekarang ada di ponsel Androidnya.

    BalasHapus
  38. Gan di daerah ku ada 2 jaringan wifi..awalx 22 nya bisa q akses tapi sekarang yg 1 nya gk bisa gan gal ace 2 ane konek tpi tidak bisa akses laman webx untuk aktifasi paswordx..apakah akses wifi ane di blok gan..masalahx wifi yg 1 nya bisa gan....

    BalasHapus
  39. @omen : mslh kt sama gan...biasanya gada mslh..tp bln juli ini ntah kenapa wifi dirmhku ga bs dipake buat browsing kalo pake android ane..tp kalo pake mobile data bisa..dan anehnya lg, kalo browse pake laptop gada mslh... >.< ane coba pake bb juga ga bs browse...pdhl wifinya terdetect n tetep bs dipake kalo lwt laptop...
    @miss : ada solusi buat ane ga gan?tq

    BalasHapus
  40. saya pakai xperia l sudah lakukan tips di atas sudah muncul lambang H tapi kok tetap gak bisa konek ya ??

    BalasHapus
  41. ideos u8150 malah bosok lekrok..jngankn internetan,mbukak aplikasi,ngirim file mlh njaluk almt akn google

    BalasHapus
  42. ane pake experiakoneksi internet si g masalah klo browsing or buka aplikasi facebook or apalah itu lancar.tp permasalahnnya klo lg streaming youtube or download itu lemot bgt gan bahkan ga jalan2 tuh..mohon pencerahannya

    BalasHapus
  43. sehabis di gunakan untuk Internetan, saya tinggal tidur dan saya Matikan " Use Data Packet " nya...

    giliran bangun tidur, ane mw internetan lagi,,, uda di Centang " Use Data Packet" nya ga mw muncul muncul tanda HSPDA nya, uda di restart ber kali kali,, ttp ga mw, gmn itu gan ? Samsung Galay Y

    BalasHapus
  44. gan qlo misalnya mau hard riset tab caranya gmana....? tolong dbantu makasih sblumnya

    BalasHapus
  45. Siippp, muantap, hatur nuhun

    BalasHapus
  46. agan kalo HH saya malah data enablenya kok ga ada y?
    jd g tw mau ngidupin internetnya dmana?

    BalasHapus
  47. gan solusinya dong galaxy young ane kalo mau di pake internetan tuh tiba tiba muncul kalimat ''koneksi aman tidak bisa di buat'' nah itu settingan.a apa yah yg perlu di rubah...

    tlong saran.a gan...

    BalasHapus
  48. saran.a gan.. samsung galaxy young ane kalo di pke buat internetan tuh pasti keluar kalimat '' koneksi aman tidak bisa dibuat '' nah itu settingan.a yg perlu di perbarui ap.a yah gan .... !!!
    mohon saran.a....

    BalasHapus
  49. Terima kasih..saya sudah mencoba di perangkat tablet Advan T1-E versi android 4.1.2.. agak mbusuk2 untuk mencari pengaturan APN nya, untung bisa ketemu (pakai bahasa indonesia) di Setelan - Selengkapnya - Jaringan seluler - Access Point Names (Nama Titik Akses) , setelah saya ubah perangkatnya langsung bisa tersambung internet.

    BalasHapus
  50. gw juga sempat gak bisa konek...
    setelah coba pindahin kartunya ke hp lain ehh tau2 tuh kartu belum kedaftar...
    setelah gw daftar ternyata udah bisa....
    semoga berhasil ya buat yang lain....

    BalasHapus
  51. Wah gi mn ni gan, aku pakai andro ics. Aku root berhasil n bagus trs ane cb instal set dns, malah sekarang ikon wifinya berubah n tidak dpt unduh data tp browsing bisa, terjadi sama juga sama layanan data, tolong dong ap dan ada yg rusak??

    BalasHapus
  52. bro ada masalah ni di samsung Ace Plus ane :
    1. knpa ya, jaringan internet wifi ga bisa dipake, browsing juga ga bisa. padahl wifi udah conect??
    2. hm,,,, mengembalikan Play store yg udh diUnistal gman ya Bro?
    mohon bantuannya.. Syukron

    BalasHapus
  53. @Handa :: Silahkan dilakukan Factory Default (kembali ke setelan pabrik), jika setelah factory default tetap bermasalah, di flash ulang pakai ODIN di Laptop.

    BalasHapus
  54. Saya pake s3 tp kalo hp.a tidak dipake tiba tiba jaringan.a hilang..harus d restart kbali baru bsa dipake..msa saya hrus rrstart kalo mau pake internet ..mslah.a dmna ya mbak? Mhon solusinya...thx

    BalasHapus
  55. Plis bls gan.saya ada koneksi nya.sinyal jg kenceng.tapi kenapa selalu ga bisa intrnetan bacaan nya ntar di bwh nya "server network gitu gitu deh" peengen nangis

    BalasHapus
  56. Gimana ya kartu yg di paketkan simpati..galaxy core... koneksi ada sinyal kenceng... tp ga bsa internetan segala macem.. bisa cm jarang..tlong beri tahu gan saya mohon

    BalasHapus
  57. @Wina :: Coba APN-nya diganti. di Pengaturan APN cukup APN Name, Username, dan Password aja yang dimasukan, untuk proxy dll dikosongkan.

    BalasHapus
  58. Knp Habis di upgrade ga bisa pakai paket data telepon ya? Tapi WiFi bisa pake. Ada solusinya?

    BalasHapus
  59. Miss Drive mau tanya, kenapa ya sinyal jaringan di HP G.ace 3 gag muncul, kalo buat wi-fi an bisa miss, padahal settingan APN udah diatur, n data seluler udah diaktifkan..replay please miss

    BalasHapus
  60. Tab 3 saya bsa terhubung k wifi tapi ga bisa buat internetan tlng gmna solusi'nya-makasih

    BalasHapus
  61. saya masuk ke google kok malah pindah ke yg lain
    fban juga malah pindah ke situs yang sama
    saya minta solusinya donk

    BalasHapus
  62. @Salomo :: Silakan lakukan factory default, agar settingan di ponsel Anda kembali ke setelan pabrik.

    BalasHapus
  63. Gan....gmana hp samsung mega aq jga nggk bisa buat bbman padahal sinyalnya udah H+...mohon solusinya ya gan....settingan APN jga udah diatur tp masih jga gak bisa

    BalasHapus
  64. @Mailani :: Coba pakai Kartu dari operator lain atau bisa juga coba pakai koneksi Wifi terlebih dahulu.

    BalasHapus
  65. android aku kok klo bbm wa bs conek klo pk wifi- tp klo wifinya di off-in knp internetnya gak bisa yah..padahal pulsa full...mohon pencerahannya dong gan...???

    BalasHapus
  66. @Uchie :: Pastikan pengaturan APN di Androidnya sudah benar. Selain itu coba pakai Sim Card lain.

    BalasHapus
  67. pilihan 3datanya gk ada gan jadi harus gimna ia gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Baddy: Silahkan dibuta sendiri APN-nya (New APN). Masukan APN Name, Username, Passwordnya: 3data yang lain cukup dikosongkan saja.

      Hapus
  68. alhamdulillah bisa, thank's bro :D

    BalasHapus
  69. Mohoon bantuanya. Sy punya experia m dual habis reset tapi ga bisa masuk ke google akun internetnetnya. Padahal mau download apilkasi di playstore tapi problem conect your device. Selalu gagal terus baik pake internet data maupun pake wifi. Solusinya ya ditunggu. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Diki :: Pastikan pengaturan APN-nya sudah benar dan tepat sesuai dengan operator yang Anda pakai. Semisal kalau pakai kartu Tri, pastikan APN yang dipakai adalah 3data bukan 3gprs!

      Hapus
  70. mau tanya, mobile data sudah tak nyalakan tapi tetap aja ga conec kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Uti :: Pastikan setting APN-nya sudah benar. BIla Anda menggunakan kartu Tri pastikan APN-nya adalah 3DATA kalau menggunakan Telkomsel atau Indosat, pastikan pakai APN Internet. Untuk Setting APN Tri bisa dicek di : http://www.putrifauziah.com/2014/04/kartu-tri-tidak-bisa-download-aplikasi.html

      Hapus
  71. punya ane jg sama gan gak bisa konek internet pdhal pulsa full..tp kalo pkek wi fi bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Andri :: Pastikan pengaturan APN-nya sudah rubah dan benar settingannya.

      Hapus
  72. Permisi, android sy Advan S3 dgn operator telkomsel namun tdk bisa untuk konek ke internet, padahal signalnya bagus dan sy telah membeli paket data telkomsel, namun ttp saja tdk bisa terkoneksi. Mohon bantuannya utk cara setting APN telkomsel, khususnya advan S3...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Shandy :: untuk APN Telkomsel di Android cukup masukan APN Name: Telkomsel atau internet. Username dan password di kosongkan saja.

      Hapus