Selasa, 13 Desember 2011

Cara Unroot Android Samsung Galaxy Y

Samsung Galaxy Y merupakan handphone Android dari Samsung yang tersedia dengan harga terjangkau. Jika Anda lagi mencari Handphone Android Murah Terbaik, maka Samsung Galaxy Y bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi keinginan Anda tersebut.

Jika sebelumnya Anda telah sukses melakukan Root Samsung Galaxy Y namun kini berniat untuk meng-undo atau unroot Samsung Galaxy Y, maka cara termudah untuk proses unroot Samsung Galaxy Y adalah dengan mengupdate Samsung Galaxy Y melalui KIES.

Pertama Download Samsung KIES Terbaru, setelah itu install di Laptop, sambungkan Galaxy Y ke Laptop menggunakan kabel USB, tunggu sampai terdetect oleh KIES, setelah itu lakukan Update Firmware Samsung Galaxy Y misal ke Gingerbread 2.3.6. Saat selesai Update Firmware, maka  Samsung Galaxy Y akan kembali seperti semula dan belum di root.

Cara lain untuk Unroot Samsung Galaxy Y :
  1. Silahkan Download file update-unroot.zip
  2. Copy file tersebut ke SD Card
  3. Matikan Samsung Galaxy Young
  4. Hidupkan dan masuk ke Recovery Mode (Tekan tombol power, volume atas dan tombol home secara bersamaan)
  5. Kemudian pilih file Update from SD Card, selanjutnya Anda pilih file update-unroot.zip yang sudah dicopy tadi
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses unroot selesai.
Catatan : jika di Samsung Galaxy Y Anda sudah terinstall Aplikasi SuperUser, sebaiknya aplikasi ini dihapus terlebih dahulu sebelum melakukan langkah unroot.

95 komentar:

  1. efeknya apa sih mbak lo root itu....apa ga tambah lemoooot

    BalasHapus
  2. @Anasss - root tidak akan membuat Android menjadi lemot atau telat, justru dengan proses root banyak sekali keuntungannya seperti kita bisa menginstal ROM lain di Android kayak CyanogenMod atau MIUI, terus kita bisa menginstall berbagai aplikasi yang lebih powerfull yg hanya bisa diinstal jika Android Anda telah di root seperti Cheat Engine, Market Enabler, ScreenShot, sampai mengganti Boot Animation di Android.

    BalasHapus
  3. kalok pake apps ini galaxy y ane yang udah di ganti bootanimationya , bisa balik ke samsung default theme bootanimation dll trus langsung ke unroot kan?? data ilang semua gk?

    BalasHapus
  4. @Alvin Marcelino ::
    Yups, semua kembali ke default, seperti baru pertama dibeli dari Pabrik.

    BalasHapus
  5. Terima Kasih Telah Berbagi Download Samsung kies

    BalasHapus
  6. Harus menggunakan laptop jg ya....

    BalasHapus
  7. pas rootingnya aplikasi bawaan yang tidak berguna lebih baik di uninstall atau tidak? kalo aplikasi bawaan terhapus, habis unrooting masih mendapatkan garansi tidak

    BalasHapus
  8. @ Ali Asidqi ::
    tergantung kebutuhan, jika yang tidak pernah dipakai dan tidak diperlukan emang sebaiknya di hapus atau uninstall saja.

    BalasHapus
  9. apa bedanya kies terbaru sama yang di kaset pas beli hp?

    BalasHapus
  10. kok, habis rooting gallery masih buram? gimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  11. @Ali Asidqi ::
    Kies terbaru tentunya sudah ada perbaikan dari sisi kinerja dibandingkan versi sebelumnya

    Proses rooting tidak akan mempengaruhi tampilan, aplikasi dll. Root hanya memberikan hak akses sebagai Administrator/ Super User kepada pengguna Android.

    Agar tampilan berubah dan tidak standar lagi bawaan pabrik, Anda bisa mencoba untuk menginstall Costum ROM seperti CyanogenMod di Samsung Galaxy Y nya. Cuma resikonya kalau sudah menyangkut install costum rom/ firmware, kalau tidak cocok bisa menyebabkan hp ngblank atau bahkan matot.

    BalasHapus
  12. tapi kenapa androidku jadi aneh?
    coba lihat di http://4.bp.blogspot.com/-0IPBvuuP904/TzZPHVyofQI/AAAAAAAAAGs/9ImdaJv4Rxw/s1600/SC20120211-182416.png

    BalasHapus
  13. kok, pas dilihat CyanogenModnya ga ada buat galaxy y?

    BalasHapus
  14. @Ali Asidqi :
    Coba cari Costum ROM untuk Samsung Galaxy Y di http://www.xda-developers.com

    BalasHapus
  15. kalo di root / unroot menghilangkan garansi atau enggak?

    BalasHapus
  16. ROM TOOLBOX cocok buat samsung Y

    BalasHapus
  17. @Hidayatulloh :: sebenarnya klo untuk proses Root tidak menghilangkan garansi, kan cuma software. Tidak sampai buka segel atau merusak fisik dari ponsel. selain itu setelah di root, bisa dengan mudah di unroot, dan di factory default, sehingga ponsel akan kembali ke kondisi semula seperti baru beli dari toko.

    @Ano32, silahkan dicoba di install aja, bisa kok.

    BalasHapus
  18. wahhhh wahhhh mbake...jago y tentang android device....hehehehh butuh beguru ni sm mbak ee

    BalasHapus
  19. mau tanya nie
    *. android saya setelah di root kok malah tambah lemot y?
    firmwarex uda upgradeable 2.3.6
    *. trus di link 2 sd memoryx gbs di partisi
    *. sering ngerestrat juga
    sementara itu dulu
    tolong bantuannya
    bisa tlg dkirimkan via email saya
    muchamad.ali@gmail.com

    BalasHapus
  20. miss, kalo mau di unroot tapi firmwarenya udah 2.3.6 gimana?
    katanya harus di upgrade ke firmware 2.3.6.... tapi saya nge root nya udah pake firmware 2.3.6

    BalasHapus
  21. @Heppycious :: silahkan download file update-unroot.zip diatas dan ikuti proses unroot Samsung Galaxy Y seperti diatas.

    BalasHapus
  22. Miss cara hapus super user gmana?!

    BalasHapus
  23. @KKMS :: Untuk menghapus Aplikasi SuperUser di Android, coba pakai trick di bawah ini

    http://www.putrifauziah.com/2012/04/cara-uninstall-dan-delete-aplikasi.html

    BalasHapus
  24. Kalo hp udah di root masih bisa sms sama nelfon gx

    BalasHapus
  25. @Khoirul :: meski sudah di root, tetap bisa dipakai untuk SMS atau nelpon kok :D

    BalasHapus
  26. saya udah 2 kali ngroot ,dan hasilnya bagus ,,sesuai ke inginan .
    tapi begitu d unroot malah banyak system yang gagal dan ada notif (paksa tutup)itu belum bisa sampe masuk ke tampilan awal (menu)

    itu gmna ya ???
    bingung saya ...ngerestar trus lagi ...
    saya coba upgrade firmware ,,bisa sih ,tapi ga ada bhs indo nya ...kan tambah bingung juga .
    cara ngebalikin semua nya kaya k awal gmna ya ??
    mksh

    BalasHapus
  27. @My Blog :: Sudah dicoba Factory Default? atau silahkan coba menggunakan costum rom atau di downgrade saja rom, jangan lupa lakukan Wiping Dalvik Cache dan Wipe Cache Partition di menu Recovery Samsung Galaxy Y

    BalasHapus
  28. Miss, kalo saya mau hilangin root pake "restore to factory default" kira kira bisa gak y? mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  29. @James Michael :: Tidak bisa, meski di factory default, root biasanya akan tetap.

    BalasHapus
  30. Miss..hp aku kan galaxy y, pernah aku rooting..ada aplikasi bawaan vendor yg kuhapus..klo dengan unroot kira2 aplikasi bawaannya bisa kembali gak ya?

    BalasHapus
  31. @firly :: Unroot tidak akan mengembalikan aplikasi bawaan ponsel yang sudah terhapus. Coba lakukan factory default, soalnya kalau factory default biasanya aplikasi bawaan ponsel akan muncul kembali.

    BalasHapus
  32. apa cara di atas dapat mengembalikan custom rom ke stock rom ?

    BalasHapus
  33. @Fachri Harits :: cara diatas tidak akan mengembalikan custom rom ke stock rom. Jika anda telah menginstal costum rom seperti MIUI atau CyanogenMod, kemudian Anda ingin kembali ke stock rom, tentunya Anda harus download dulu stock rom untuk ponsel Anda. Bila sebelumnya Anda telah membackup stock rom menggunakan Nandroid, Anda bisa langsung melakukan restore ke stok rom lewat Nandroid. tapi jika Anda tidak melakukan backup stock rom, cara termudah adalah download stock rom yang tersedia di internet.

    BalasHapus
  34. permisi miss drive, saya sudah berhasil root galaxy y saya...
    tapi tetap tidak bisa memindahkan aplikasi yang saya download dan tersimpan di memori internal hp saya(menggunakan aplikasi gemini app manager) bagaimana mengatasinya??
    Jika saya berniat untuk unroot, bagaimana cara hapus super user ya? Dan jika tidak dihapus lebih dahulu apakah ada efeknya??
    Terus bagaimana cara membuktikan hp saya sudah di unroot??
    thx... mohon pencerahanya...

    BalasHapus
  35. @Michael Jonathan :: Coba menggunakan aplikasi seperti App2SD atau LINK2SD untuk memindahkan aplikasi dari memori Internal ke SD Card (eksternal)

    Untuk membuktikan bahwa ponsel Android sudah di root atau belum, silahkan cek menggunakan teknik berikut ini :

    http://www.putrifauziah.com/2012/04/cara-mengetahui-apakah-hp-android-sudah.html

    BalasHapus
  36. miss hp saya galaxy y. kemarin itu bisa dengerin lagu, tapi sekarang mati total suaranya. untuk telepon sih masih ada, tapi buat dengerin lagu dan video gak bisa. saya mau ke cs samsung masalahnya hp udah diroot nih. saya gak ngerti factory default itu apa? kalo saya unroot kemungkinan gagalnya berapa? trus kalo gagal dan saya ke cs samsung apa superuser masih ada di hp saya? makasih

    BalasHapus
  37. @Kezia Nababan :: Proses Unroot sangat mudah dan cepat. Setelah proses unrott, sebaiknya Anda lakukan Factory Default.

    BalasHapus
  38. hp saya samsung galaxy Y sudah suskses root tp setelah update firmware ngak bs lagi, trus sy coba root kembali tp kok ngak bs yah applikasi yg sudah pernah di root tdk berfungsi lagi, mohon saran langkah apa yg hrs dilakukan ....thks

    BalasHapus
  39. @Nicholas Sinigie :: Coba Anda menggunakan update.zip yang lain yang sesuai dengan versi dari OS Android Anda. semisal Anda bisa mencoba menggunakan Multi Root Installer V1.0 dan lakukan Root lewat CWM dari ponsel Galaxy Young Anda.

    BalasHapus
  40. apa setelah android di root itu berpengaruh terhadap daya tahan battery???

    BalasHapus
  41. @Yudi Kurniawan :: proses root tidak akan berpengaruh terhadap kinerja (daya tahan) baterai. Fungsi Root hanya memberikan akses Administrator terhadap file sistem Android.

    BalasHapus
  42. miss, saya mau upgrade samsung galaxy young saya jadi andriod ics, bisa gak?

    BalasHapus
  43. @Yudi Kurniawan :: Samsung Galaxy Young secara resmi hanya sampai Gingerbread, tidak akan mendapatkan ICS.

    BalasHapus
  44. kalo dipaksa untuk menggunakan ICS efeknya apa?

    BalasHapus
  45. @Yudi Kurniawan :: Kalau dipaksa menggunakan ICS tentu saja kinerjanya akan lambat dan tidak akan nyaman untuk dipakai sehari-hari.

    BalasHapus
  46. tapi sony w8 temen saya bisa di paksa menggunakan costum rom ics, untuk kinerjanya tidak lambat dan nyaman dipakai untuk harian .
    padahalkan samsung galaxy y lebih tinggi prosesornya dibandingkan dengan sony w8.
    masa samsung galaxy y saya kalah dengan sony w8?

    BalasHapus
  47. @Yudi Kurniawan :: itu masalahnya, beda vendor, maka dari sisi hardware pun beda. Anda bisa menggunakan costum ROM ICS untuk Galaxy Young, tapi dari beberapa pengalaman user, ROM tersebut tidak stabil, alias banyak error dan ada beberapa fitur galaxy young yang tidak jalan, semisal error saat menggunakan kamera, dan bahkan error saat menggunakan fitur telepon.

    BalasHapus
  48. Ohhh.
    makasih ya miss atas penjelasannya :)

    BalasHapus
  49. miss gayoungq t pksain ics dan benar pemakaiannya g nyaman dan lemot pula..tolong pncerahan cara downgrade ke ginger lgi..

    BalasHapus
  50. @Uloem :: untuk kembali ke OS semula, Anda bisa melakukan flashing menggunakan ODIN di laptop. Jangan lupa download dulu Stock ROM (OS Asli) untuk galaxy Y Anda di sammobile dot com

    BalasHapus
  51. ok maksih pencerahannya miss..oh y hasilnya tu default pbrik y miss..apa prlu di root lg coz aq pngennya g-youngq versi yg di root

    BalasHapus
  52. @Uloem :: Kalau nanti di flashing kembali ke Stock ROM tentu saja harus di root kembali.

    BalasHapus
  53. kalo sony Xperia go bisa gk di root ?

    BalasHapus
  54. samsung glxy y saya sdh di unroot tapi knpa masih lemot :(

    BalasHapus
  55. @Rahmand :: kalau tidak ingin lemot, lakukan Clear Dalvik Cache di Recovery Menu, bisa juga lakukan factory reset (kembali ke setelan pabrik), biar HP-nya bisa bekerja seperti baru beli.

    BalasHapus
  56. permisi miss drive,saya mau tanya..samsung saya sdah lama di root sekitar 3 bln.
    tetapi knapa setelah saya download note di google play ad system default yg hilang yaitu task manager. dan setelah itu sering tidak support dan amtikan paksa system miss.
    seling waktu bbrapa mnit stlh normal saya tidak bisa mlakukan sms,saya bingung dan saya restar lagi hasil nya juga sama.
    dan setelah restar yg terakhir di Hp saya muncul tampilan awal pembuka hingga saat ini dan blm bisa normal lagi miss.
    mohon bantuan nya miss

    BalasHapus
  57. @Diafragma :: Silahkan masuk ke menu Recovery mode, setelah pilih Clear Dalvik Cache dan Factory Reset. Semua data, aplikasi dan game yang pernah diinstall akan hilang.

    BalasHapus
  58. miss drive mau tanya,,saya kan sudah root hp galaxy saya..namun sebelumnyaa saya backup menggunakan CWM..yang jd pertanyaan..
    kalau mau unroot dan di jadiin ke stock pabrikanna bagaimana??
    langkah-langkahnya untuk me restore data yang dari CWM ???

    terima kasih.

    BalasHapus
  59. @Mochamad Satria :: Masuk ke CWM Recovery kemudian nanti pilih menu Restore

    BalasHapus
  60. Apakah dengan mengunroot HP,bisa menghilangkan CWM?

    BalasHapus
  61. Miss, saya sudah pernah mereset galaxy saya, tetapi kok tampilan tema (CWM) dari yang saya unduh tidak hilang??

    BalasHapus
  62. @Muhd :: unroot tidak akan menghilangkan CWM, Anda harus melakukan full flash (semisal menggunakan ODIN) untuk menghilangkan CWM.

    BalasHapus
  63. Miss Drive,saya mau tanya,,
    Galaxy young saya ingin saya mengembalikan seperti awal setelah saya root.tapi dulu lupa g saya back up.
    apakah bisa dikembalikan seperti awal??

    BalasHapus
  64. Hai miss
    Blh kaga nih ane minta NIC catfiz nya.
    Biar ane tanya tanya nya lbih jelas. Dan biar gampang.

    Bales ya miss

    BalasHapus
  65. mw tanya nih? setelah ganti custom rom apakah saat di kembalikan ke stock rom dan d unroot garansi akan kembali

    BalasHapus
  66. superuser yang sekarang semakin sulit
    link2sd dan apk lainnya sekarang gak terhubung dengan superuser
    jadi gak berfungsi apk 2 tersebut
    bisa kasih saran ke saya bagaimana solusinya
    tengkyu

    BalasHapus
  67. maaf gan numpang nanya nihh . .
    gmna cara mengembalikan ke setingan pabrik / menghapus system applikasi di samsung galaxy y GT S-5360 yang telah di Upgrade ke Android Jelly bean 4.2

    mohon pencerahannya gan . .
    thank u . . hee :D

    BalasHapus
  68. kalo udah di unroot app seperti whatsaap hilang nggak ?

    BalasHapus
  69. @Eko Wira :: Tidak. Proses Unroot tidak akan menghapus atau menghilangkan aplikasi/game

    BalasHapus
  70. klo ane pake custom om terus di unroot bakalan bootloop gk?

    BalasHapus
  71. miss drive..bagaimana ya back up fimeware samsung galaxy y
    bisa ngak ya di back up..untuk berjaga2 aja bila nti terjadinya eror bisa d restore balik..harap bisa membantu.

    BalasHapus
  72. @Ahmad :: Anda bisa backup pakai Nandroid di CWM. masuk dulu ke CWM Recovery kemudian backup menggunakan Nandroid.

    BalasHapus
  73. miss drive..aku uda berhasil back up mengunukan Nandroid di CWM
    mau tanya ni...apakah apps nya kita install contoh whatsapp ikut sekali back up
    ataupun cuma fimeware original nya aja..harap membantu ya.

    BalasHapus
  74. @Ahmad :: Tidak. Cuma OS aja. Untuk aplikasi Anda bisa menggunakan Titanium Backup

    BalasHapus
  75. miss mau tanya , kalo android samsung galaxy y sudah di unroot itu aplikasi yang tadi nya di internal akan balik ke memori internal atau tetap di eksternal? soalnya samsung galaxy y saya sudah saya unroot pas di cek aplikasi yg dulu di internal tetap di eksternal .
    mohon infonya miss, terimakasih :)

    BalasHapus
  76. @I Am :: Tidak. Aplikasi tetap tidak akan berubah atau berpindah.

    BalasHapus
  77. miss Drive
    kemarin kan android ku 2.6 ginger bread trus aku root jd 4,1 ics jelly blast
    itu cara unrootnya lagi gmana ya?
    trs pke kies cranya gmana?
    trs bisa blik lagi jadi bwaan pabrik ga?

    BalasHapus
  78. @Niizacuttez :: utk kembali ke bawaan pabrik silahkan download dulu firmware aslinya di sammobile.com selanjutnya lakukan proses flashing/update menggunakan ODIN di laptop.

    BalasHapus
  79. Miss mau nanya jadi waktu itu hape saya di root oleh temen saya, nah beberapa hari kemudian tiba tiba kalo sedang main twitter / buffering youtube / game sering mati sendiri, pas saya check ternyata Sistem Android saya kalo mencapai 100% itu akan mati sendiri miss, nah cara yang terbaik agar tidak begitu lagi gimana miss? apa saya harus unroot dan reset data pabrik atau gimana? Thx bfr

    BalasHapus
  80. miss mau tanya donk...galaxy young tmenku udah sukses di root tapi setelah mau update versi android hp nya justru jadi mati total dan gak bisa di nyalain sama sekali...pencet tombol power gak mau nyala....di charge juga cuma panas aja battery nya...
    apa hp tmenku itu masih bisa di selametin apa gak miss...mohon bantuannya...:-'(

    BalasHapus
  81. miss knpa yach pas ku udh di root galery hp ku jadi buram knpa ya...? tlong penjelasannya miss...!

    BalasHapus
  82. Miss Drive mau nanya nih , kan Hp galaxy y saya udah diroot nih , nah kalau MIcroSD-nya saya ganti apa efek sampingnya ??

    Mohon Penjelasannya , Terimakasih :)

    BalasHapus
  83. Miss cara unroot galaxy w gimana?

    BalasHapus
  84. Mau tanya nih. Aku pake Mito A300, kmarin sempat di root krn gk bs pindah app ke SD Card, tp begitu tahu klw hp Ku ada fitur utk mengubah tempat penginstalan app, langsung aku unroot deh. Nah cara buat mastiin hp kita udah di unroot lg gmn?

    BalasHapus
  85. miss kn galaxy y ku udah q jadiin jelly bean, tapi ga ada bahasa indonesianya, gimana ya cranya byar ada bahasa indonesianya.

    BalasHapus
  86. kalo galaxy y udah di ubah versi nya jadi versi 4.0 atau jellybean bisa ga instal bbm for android ?

    BalasHapus
  87. mau tanya miss kalo udah ganti custom room trus di unroot / di flash ulang apa garansinya galaxy y kita masih bisa di gunkan?

    BalasHapus
  88. gan mau tanya kalo boot loop secara bersamaan sdcard yang tadinya 8gb jdi 3,4gb pada samsung young gimana gan tloong nih blum jga nyala ....

    BalasHapus
  89. miss..
    gmna cara mengembalikan ke setingan pabrik / menghapus system applikasi di samsung galaxy y GT S-5360 yang telah di Upgrade ke Android Jelly bean 4.2 -

    BalasHapus
  90. @Fatcell :: Silahkan flash menggunakan odin di laptop
    http://www.putrifauziah.com/2013/10/cara-update-android-samsung-menggunakan.html

    BalasHapus
  91. boleh sy mau nanya kenapa hp samsung young saya udah gak bisa sms lagi padahal masih banyak pulsa dan bisa telpon tapi cuma sms yg gak bisa terus gagal

    BalasHapus
  92. Miss saya mau tanya bagaimana cara kita mengetahui bahwa galyoung kita udah di flashing...???

    BalasHapus
  93. saya mau nanya... saya sudah mengikuti langkah anda, tetapi tampilan layar saya nge-hang bagaimana mengembalikannya seperti normal?

    BalasHapus
  94. @Olla :: Sebaiknya ponselnya di Flash ulang menggunakan Odin di Laptop, agar bisa normal kembali seperti baru keluar dari pabrik.

    http://www.putrifauziah.com/2013/10/cara-update-android-samsung-menggunakan.html

    BalasHapus